Skip to main content

Install XAMPP di Linux ( Ubuntu 14.04 )

Relate search : Install, Xampp, Wampp, Apache, Mysql, PHPMyadmin, Linux, Ubuntu, Gnome, Server, Web, Browser.

Xampp adalah software yang di buat oleh Apache Friends dari Apache Corporation yang di tujukan untuk memudahkan para web developer dalam membuat website, peran xampp dalam developing website adalah menyediakan software-software yang di butuhkan dalam operating website, seperti : Web Server(Apache dan Tomcat) , DBMS(mysql), dan Filezilla (untuk FTP). dengan adanya xampp , web developer tidak perlu repot-repot menginstall satu-satu software di atas, dengan hanya menginstall xampp, semua software tersebut langsung terinstall built in. 

untuk mendapatkan sotware xampp bisa anda download si website resminya di ApacheFrieds, masuk ke menu downloads. xampp memiliki 3 versi untuk 3 platform yang berbeda, yaitu versi Windows, Linux dan OSX. pada tutorial kali ini saya akan memandu anda untuk menginstall Xampp di linux, jadi silahkan downloads yang versi linux.


setelah anda memiliki xampp versi linux, maka kita akan lanjut ke langkah-langkah menginstallnya. beirkut langkah-langkahnya : 

1. buka terminal , tekan alt+ctrl+t atau , masuk ke menu lalu klik terminal. masuk ke level root

lalu masuk ke direktory di mana anda menyimpan file instalasi xampp.
contoh  : 



2. pada gambar di atas terdapat 2 file xampp yaitu xampp-1.7.7 yang bertipe tarball gzip. dan file xampp-1.8.3 yang bertipe *.run, apabila anda download xampp terbaru (sampai artikel ini di post) maka anda akan mendapatkan file xampp yang bertipe *.run . untuk menginstallnya terlebih dahulu ganti permission dari file xampp tadi menjadi execute , untuk dapat di jalankan , untuk menjadikan permissionnya execute, ketik : chmod 777 xampp-linux-1.8.3-1-installer.run ganti text berwarna merah dengan nama file xampp yang anda download.



3. kemudian ketik :  ./xampp-linux-1.8.3-1-installer.run ganti tex warna merah dengan file xampp anda. setalah itu tekan enter.


lanjutkan untuk langkah-langkah installnya sesuai gambar di bawah ini. :









setelah selesai install , lalu jalankan xampp manager untuk menjalankan program-program yang ada di dalamnya.

screenshot program xampp manager. :



NB : ada dua cara untuk menjalankan xampp di linux yaitu : 
1. menggunakan xampp-manager gui seperti gambar di atas.
2. menggunakan terminal yaitu dengan mengetikkan perintah : 
/opt/lampp/lampp start 



NOTE : 3xpl01t memberikan tawaran bagi pembaca yang ingin order membuat website, bisa order ke kami , untuk tata caranya bisa masuk ke link berikut. 
Mau pasang iklan di blog?. klik Disini

Sekian artikel saya, Semoga Bermanfaat. Wassalamualaikum Wr Wb

Stay fools to Stay Hungry
NB : Artikel ini di peruntukkan untuk pendidikan semata. hal-hal negatif yang di lakukan oleh pengguna tutorial , bukan tanggung jawab penulis.

Popular posts from this blog

The Advantage of Using HTTP Default Authorization Scheme #DigitalSecurity

pixabay.com Hello Everyone, This day I would like to introduce you to the default header for authorization in HTTP. HTTP auth scheme is a guide or standardization scheme for the authorization header in the HTTP protocol. this standard is using key Authorization in the header and followed by a value that usually filled by key or token. for example : Authorization : <type> <key/token> this standard is the solution of the key header for authorization that really random was provided by developers to build an authorization header for their application, in my experience, developers used to "token" for their key in the header that usually followed by the hash value. the random key makes developers using more time for writing code for getting header key and validating the value which is you could use the library and focus on writing the logic of your application. Depend on Mozilla site , HTTP auth scheme divided by 4 types, such as : Basic  (see  RF

Typer shark Deluxe free full crack

Typer shark Deluxe : software yang akan membantu kita untuk belajar mengetik keyboard dengan cara 10jari, untuk agan2 yang baru belajar komputer pasti teknik pertama yang dilakukan adalah dengan 11jari (kanan 1 + kiri 1 = 11)hahahaha, softaware ini sangat menarik, karna kita belajar 10jari dengan bermain game.. n gamenya interaktif,,, pkoqnya yang tadinya mengetik 11jari, dalam waktu seminggu pasti bisa lancar 10jari... syaratnya harus tekunn...  kalo agan mau ngunduh silahkan : Download screenshot:

Laravel Tips : Membuat Model, Migration dan Controller dengan Sekali Jalan

  php artisan adalah generator laravel yang berfungsi untuk membuat file kodingan dengan mudah, seperti membuat controller, model, seeder, migration dan masih banyak lagi. artisan hanya bisa di lakukan di dalam lingkungan console, seperti cmd dan terminal. berikut akan saya tunjukan cara membuat controller, model, migration menggunakan php artisan. # membuat controller ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:controller BlogController # membuat model ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model Blog # membuat migration ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:migration blog # membuat seeder ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:seeder BlogSeeder # membuat migration, controller, dan model sekaligus ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model -crm Blog perintah di atas akan mengenerate controller dengan nama BlogController dengan keadaan Resource method tertulis, model