Skip to main content

Cara Mengatasi Virus *.pif dan Autorun.inf

 hallo...
pernah mendapati komputer anda terinfeksi virus?. wah, kalau menurut saya, komputer wajib terkena virus. hehehe, kalau belum pernah kayaknya belum afdol ya. virus di dunia komputer/maya banyak jenisnya dan macamnya. dalam berbagai pengelompokan tersebut berinti bahwa virus tujuannya berbuat jahat terhadap komputer kita. bisa menghapus system anda, menginfeksi dokument, file *.exe etc.beberapa hari kemarin kecelakaan terjadi di PC saya, antivirus yang selama ini saya percaya malah kebobolan oleh virus autorun.inf dan *.pif. memang sebelum terinfeksi avast punya saya expired dan realtime proteksinya tidak aktif, alhasil AV yang aktif cuma SMADAV ( anti virus asli indonesia ).dengan database yang masih terbatas SMADAV tak mampu buat membasmi virus *.pif yang telah bersarang di PC saya. wah pusing bukan kepalang saya memikirkan bagaimana membasmi virus ini. tetapi karna naluri komputer yang sudah tertanam di otak saya, alhasil virus itu hilang. hehehe , kalimat pertama terbesit dalam pikiran saya saat mengetahui alur virus ini adalah "keren banget nih virus ". :D

ciri-ciri virus autorun.inf dan *.pif :
- virus menginfeksi semua drive dalam PC
- file virus selalu berdampingan dengan file autorun.inf
- file autorun.inf tidak bisa di hapus karna virus membuat file autorun yang di gunakan oleh program yang tedapat di PC anda
- file virus berekstensi *.pif , *.exe , *.inf
- file *.pif dan *.exe mempunyai nama random( acak ), berganti-ganti setiap kali kita restart
- virus ini bisa mendisable antivirus international yang terdapat di PC anda, seperti punya saya AVAST.
- virus ini tidak akan hilang walaupun anda menghapus file autorun.inf ataupun file *.exe dan *.pif nya.


nah dengan ciri-ciri di atas anda pasti akan mudah mengenali virus ini apabila PC anda terinfeksi.
dalam tutorial ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membasmi virus *.pif dan autorun.inf .banyak di internet bersebaran cara-cara yang berjudul sama seperti ini tetapi tidak ada yang lengkap dan total dalam membasminya.


langkah-langkahnya sebagai berikut :

 1. yang pertama anda membutuhkan software unlocker. download disini
2. setelah selesai mendownload, intall unlocker di PC anda.
3. disable autoplay di PC anda :
klik start--> run --> ketik gpedit.msc -->klik "User Configuration" --> "Administrarive Templates" --> System --> klik 2x Turn off Autoplay --> klik enabled --> pada pilihan "turn off autoplay on", pilih All Drive --> Ok -->close Gpedit.msc


 4. setelah itu buatlah file *.bat dan *.inf dengan script berikut :

===============================================

@echo off
attrib -r -s -h +a autorun.inf
copy remove.inf autorun.inf


===============================================
buka notepad, lalu copas(copy paste) script di atas dan save dengan nama Remove.bat INGAT HARUS BEREKSTENSI *.bat .
5. buat file berekstensi *.inf tetapi dengan nama lain, pada tutorial ini saya menggunakan nama "remove.inf" sesuai dengan script yang ada di atas. : klik kanan-> new -> text document-> rename dengan " remove.inf".











6. buka cmd.exe dengan cara : klik start->run->cmd.exe.

7. pindah ke drive yang akan anda perbaiki dengan cara ketik : " D: " untuk berganti ke drive D:. ketik " E: " untuk berganti ke E:. pada tutor ini saya menggunakan drive C: , untuk ke drive c:. ketik " cd.. " lakukan sampai ke "C:> ". untuk lebih mudahnya lihat gambar berikut.


8. setelah terdapat pada drive yang anda inginkan, ketik :
==============================

C:>attrib -r -s -h +a autorun.inf

==============================

9. setelah anda lakukan langkah di atas anda akan melihat file autorun.inf .( copas dua file di atas dalam satu drive yang terinfeksi virus ). pada langkah ini, apabila anda langsung menjalankan file remove.bat , proses tidak akan berhasil !. karna file autorun.inf masih di proses oleh program di PC anda.
untuk membuktikannya anda bisa langsung mendelete file autorun.inf tersebut, dan akan terjadi error. untuk menghindari error, anda butuh software unlocker untuk menghentikan proses program tersebut.



10. klik kanan pada file autorun.inf --> klik unlocker --> block semua proses yang terlihat --> klik Kill process.





11. setelah itu klik 2x pada file remove.bat yang terdapat pada drive yang sama dengan file autorun.inf tersebut. setelah proses selesai, klik 2x pada file autorun.inf, lihat apakah isinya sudah kosong.
(ingat!! file remove.bat dan remove.inf harus dalam satu directory drive yang sama dengan virus nya ). apabila file autorun.inf belum kosong, ulangi langkah 10 dan 11 sampai file autorun.inf kosong.

12. apabila sudah kosong, hapus file virus *.pif atau file virus *.exe yang mencurigakan di drive anda.lalu buka lagi cmd.exe pindah ke drive tadi( C: ).
ketik : C:>attrib +r +s +h -a autorun.inf
langkah ini untuk menyembunyikan dan agar file autorun.inf yang kosong, tidak di replace oleh Virus autorun.inf .



13. setelah anda lakukan semua langkah di atas, segera lakukan terhadap drive lain yang telah terinfeksi virus.

14. apabila semua drive telah aman dari file virus, lakukan restart, setelah restart lakukan full scaning dengan antivirus international yang anda miliki seperti AVG, AVAST, BITDEFENDER, NODE32, AVIRA etc.

15. setelah langkah-langkah di atas anda lakukan dengan sukses. anda sudah di jamin hilang dari virus. :D
(saya merekomendasikan anda untuk melakukan boot scaning setelah melakukan hal di atas. dengan menggunakan fitur boot scan yang terdapat di AVAST antivirus)


SEKIAN TIPS DAN TRIK DARI SAYA, SEMOGA BERMANFAAT

Popular posts from this blog

The Advantage of Using HTTP Default Authorization Scheme #DigitalSecurity

pixabay.com Hello Everyone, This day I would like to introduce you to the default header for authorization in HTTP. HTTP auth scheme is a guide or standardization scheme for the authorization header in the HTTP protocol. this standard is using key Authorization in the header and followed by a value that usually filled by key or token. for example : Authorization : <type> <key/token> this standard is the solution of the key header for authorization that really random was provided by developers to build an authorization header for their application, in my experience, developers used to "token" for their key in the header that usually followed by the hash value. the random key makes developers using more time for writing code for getting header key and validating the value which is you could use the library and focus on writing the logic of your application. Depend on Mozilla site , HTTP auth scheme divided by 4 types, such as : Basic  (see  RF

Laravel Tips : Membuat Model, Migration dan Controller dengan Sekali Jalan

  php artisan adalah generator laravel yang berfungsi untuk membuat file kodingan dengan mudah, seperti membuat controller, model, seeder, migration dan masih banyak lagi. artisan hanya bisa di lakukan di dalam lingkungan console, seperti cmd dan terminal. berikut akan saya tunjukan cara membuat controller, model, migration menggunakan php artisan. # membuat controller ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:controller BlogController # membuat model ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model Blog # membuat migration ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:migration blog # membuat seeder ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:seeder BlogSeeder # membuat migration, controller, dan model sekaligus ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model -crm Blog perintah di atas akan mengenerate controller dengan nama BlogController dengan keadaan Resource method tertulis, model

Typer shark Deluxe free full crack

Typer shark Deluxe : software yang akan membantu kita untuk belajar mengetik keyboard dengan cara 10jari, untuk agan2 yang baru belajar komputer pasti teknik pertama yang dilakukan adalah dengan 11jari (kanan 1 + kiri 1 = 11)hahahaha, softaware ini sangat menarik, karna kita belajar 10jari dengan bermain game.. n gamenya interaktif,,, pkoqnya yang tadinya mengetik 11jari, dalam waktu seminggu pasti bisa lancar 10jari... syaratnya harus tekunn...  kalo agan mau ngunduh silahkan : Download screenshot: