Skip to main content

Spam Facebook Modus Terbaru 2014

Assalamualaikum Wr Wb, artikel ini berisikan tentang spam facebook yang marak pada bulan ini.


Spam adalah suatu barang elektronik atau digital yang berupa pengiriman pesan secara bertubi-tubi atau masive, pengirim pesan di namakan spammer, tindakan spam di namakan spamming. spamming memiliki banyak jenis dan bentuk, spam dapat dilakukan dengan cara mengirim pesan email, chating, jejaring sosial, posting dll.

pada zaman ini salah satu media penerima dan pengiriman pesan adalah jejaring sosial facebook, walaupun bukan hanya dalam pengiriman/penerima pesan, facebook juga bisa melakukan komunikasi dengan cara posting di timeline atau status. spamming  kepada pengguna jejaring sosial facebook sering di lakukan baik itu di untuk tindak kejahatan ataupun hanya untuk melakukan promosi suatu vendor atau produk, pada bulan ini saya banyak sekali menerima spam berupa posting di facebook yang menyertakan link berupa aplikasi yang ngakunya aplikasi dapat melihat atau mengungkap siapa saja yang sering melihat profile kita, setelah itu di sebarkan ke 50 teman kita. padahal itu semua adalah HOAX belaka, link yang di sugukan memang link aplikasi facebook tetapi aplikasi tersebut hanya di buat pancingan untuk melakukan pencurian EMAIL dan PASSWORD facebook. bagaimana kronologi jelasnya dan bagaimana cara mencegah teknik spamming ini? mari kita telusuri bersama-sama.

Kronologi spamming facebook : 

1. Teman kita yang telah terjangkit aplikasi spaming melakukan penandaan nama pada akun kita. seperti gambar berikut : 



pada gambari di atas terlihat akun dengan nama Rito Galih melakukan posting ke timeline saya dengan menandari 49 temannya, pada posting tersebut di sertakan link aplikasi untuk melihat 5 orang yang sering melihat profile nya, yang sebenarnya itu link untuk mengacaukan user yang tertarik untuuk di giring ke HALAMAN PHISING.

2. Apabila kita klik link yang di sertakan pada postingan tersebut , kita akan di alihkan ke halaman persetujuan memasuki aplikasi. contoh halamanya seperti berikut : 


halaman di atas adalah halaman persetujuan atau peringatan dari facebook yang meminta feeback dari pengguna akun untuk lanjut ke aplikasi. apabila aplikasi yang di tuju adalah aplikasi yang benar atau memang benar2 aplikasi, maka setelah kita kllik tombol GO TO APP , maka kita akan di alihkan ke halaman aplikasi, TETAPI pada  kali ini kita malah di alihkan ke halaman PHISING.

3. halaman phising : 



gambar di atas adalah halaman phising yang di tunjukan kepada pengguna akun, halaman ini seakan-akan membuat kita berfikir bahwa akun pengguna telah logout, padahal belum logout. apabila kita bisa lebih cermat lagi, kita bisa melihat di address bar, di sana tertulis link yang menampilkan halaman facebook bukan "www.facebook.com", tetapi "facula.zepto.org/home" bisa kita simpulkan di sini bahwa halaman yang di tampilkan adalah halaman PHISING yang bertujuan untuk MENCURI email dan password Facebook kita. apabila kita login maka kita akan di alihkan ke link aplikasi yang sebenarnya, walaupun kita login dengan email dan password yang SALAH kita akan tetap bisa MASUK. hal ini semakin memperkuat bahwa kita sebenarnya belum sama skali logout.

NB : saya mengisikan email : kurangkerjaan@hacker.com ,  padahal email saya bukan itu, tetapi saya tetap bisa login. :D


4. halaman aplikasi : 



setelah kita login pada halaman phising, kita akan di alihkan ke halaman aplikasi , pada halaman di atas aplikasi yang di tujukan kepada kita adalah "Deer Hunter 2014", aplikasi ini tidak bisa kita gunakan, karna hanya menampilkan halaman kosong pada interfacenya. :v


Kesimpulan :  

Spamming yang di lakukan oleh pelaku (hacker) bertujuan untuk menyebar link yang berisikan aplikasi pendukung PHISING, phising yang di lakukan hacker ini bertujuan untuk mengambil EMAIL dan PASSWORD pengguna akun yang telah login di halaman phising.



setelah kita mengetahui kronologi spamming sekaligus phising oleh hacker di atas, sekarang saat nya kita membahas tentang bagaimana cara mencegah agar kita tidak terjebak dan terjangkit oleh link spam tersebut.

langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. buka menu settings facebook. 


2. pilih tab, "Time line and Tagging .



3. klik edit pada baris pertanyaan "who can add things to my time line?" , pilih pertanyaan nomer dua yang memiliki opsi status OFF.
klik edit, maka akan muncul pilihan "Enabled" atau "Disabled" , pilih opsi enabled



keterangan : 

Apabila kita mengaktifkan fitur di atas, maka setiap posting yang melakukan penandaan kepada akun kita akan di lakukan tahap persetujuan dulu, sebelum bisa melakukan penandaan.

Mau pasang iklan di blog?. klik Disini

Sekian artikel saya, Semoga Bermanfaat. Wassalamualaikum Wr Wb

Stay fools to Stay Hungry
NB : Artikel ini di peruntukkan untuk pendidikan semata. hal-hal negatif yang di lakukan oleh pengguna tutorial , bukan tanggung jawab penulis.

Popular posts from this blog

The Advantage of Using HTTP Default Authorization Scheme #DigitalSecurity

pixabay.com Hello Everyone, This day I would like to introduce you to the default header for authorization in HTTP. HTTP auth scheme is a guide or standardization scheme for the authorization header in the HTTP protocol. this standard is using key Authorization in the header and followed by a value that usually filled by key or token. for example : Authorization : <type> <key/token> this standard is the solution of the key header for authorization that really random was provided by developers to build an authorization header for their application, in my experience, developers used to "token" for their key in the header that usually followed by the hash value. the random key makes developers using more time for writing code for getting header key and validating the value which is you could use the library and focus on writing the logic of your application. Depend on Mozilla site , HTTP auth scheme divided by 4 types, such as : Basic  (see  RF

Laravel Tips : Membuat Model, Migration dan Controller dengan Sekali Jalan

  php artisan adalah generator laravel yang berfungsi untuk membuat file kodingan dengan mudah, seperti membuat controller, model, seeder, migration dan masih banyak lagi. artisan hanya bisa di lakukan di dalam lingkungan console, seperti cmd dan terminal. berikut akan saya tunjukan cara membuat controller, model, migration menggunakan php artisan. # membuat controller ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:controller BlogController # membuat model ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model Blog # membuat migration ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:migration blog # membuat seeder ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:seeder BlogSeeder # membuat migration, controller, dan model sekaligus ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model -crm Blog perintah di atas akan mengenerate controller dengan nama BlogController dengan keadaan Resource method tertulis, model

How to Deploy or Debug Apple Watch Apps in Physical Device #WatchOSDev

Hello everyone, this is my first tutorial about watchOS hope you enjoy. WatchOS is the operating system that support for apple watch, in this watchOS we could develop apps, but first thing that we must know, watch apps in 5 version and bellow are not support for independent apps, so the watch apps must develop with IOS apps in the seems time. but in WWDC 19, apple announce that WatchOS 6 will support independent apps, so the users could install apps directly from apple watch. in this tutorial we will learn about how to create first Apple Watch Apps and deploy it in physical device, why this tutorial matter, because deploying apps in apple watch is not seems as you deploy IOS apps in IPhone or IPad, there is several unique thing that you should know.  until this tutorial has written, I have not found anything tutorial that talking about this theme. so here it is. first thing we must create an xcode project. and choose WatchOS like bellow hit next, and fil