Skip to main content

Apa itu DevOps? #DEVOPS



hallo semuanya, kali ini saya mau sharing sesuatu tentang devops yaitu devinisi tentang devops, Apa itu devops? devops adalah salah satu profesi IT yang melingkupi tentang development and operation, maksutnya apa? pada development kita membutuhkan lingkungan development dan deployment yang related dan sesuai sehingga saat proses development dan proses deployment aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan lancar, garis besarnya adalah devops berperan sebagai jembatan untuk developer untuk mengatur atau menyediakan lingkungan development dan deployment dengan baik dan sesuai.

Kalau menurut saya DevOps lebih kepada mindset seseorang. DevOps sendiri gabungan dari Development dan Operation yang merupakan kolaborasi dari kedua tim.
Mindset itu mesti dipahami oleh setiap individu dalam tim, bahwa proses development dan delivery sebuah produk (umumnya berupa software) harus dapat dilakukan dengan cepat.
Tujuannya adalah supaya dapat merespon perubahan (responding to a change) demi perubahan yang terjadi dalam proses development maupun perubahan atas permintaan pasar. - Samsul Ma'arif - DevOps DOT Indonesia
 

contoh arsitektur sederhada adalah sebagai berikut.

source : wp.com

gambar di atas adalah contoh arsitektur sederhana yang biasa kita temukan, contoh arsitektur yang rumit seperti berikut. 

source : indosystem.com

bagaimana? rumit nggk? itulah dimana devops di butuhkan arsitektur serumit ini sangat tidak di sarankan untuk di kerjakan oleh developer saja. sangat membuang2 waktu dan bisa menjadi beban yang berat bagi developer untuk mengerjakannya.

contohnya, tokopedia, bukalapak, gojek dll. mereka adalah aplikasi yang sangat kompleks dan besar, tidak mungkin aplikasi sekelas perusahaan tadi hanya memiliki arsitektur seperti gambar pertama, karna banyak sekali aspek yang di perhatikan oleh perusahaan digital untuk mengoptimalkan layanannya agar dapat diberikan kepada pengguna dengan aman dan nyaman.

devops cenderung menekuni dunia linux, hal ini dikarenakan server dan support automation pada server lebih banyak untuk lingkungan linux. seperti jenkins, jira, dll.



Popular posts from this blog

MENGATASI PRINTER KEHABISAN TINTA HITAM

Hai semua…. Saya kembali lagi untuk memberi tips dan trik computer untuk kalian. Pernahkah kalian kehabisan tinta?.Apalagi tinta hitam yang sring di gunakan buat print tugas!. Yah gitulah kalau dompet kempes tapi mau print tugas yang di kumpulin besok, wah mau print di warnet tapi gak punya duit, apalagi beli tinta waaaahhh. Tambah pusing..!!! Tapi jangan khawatir disini saya akan mengulas masalah tersebut dan memberi kalian jalan keluar untuk kalian yang dompetnya lagi kosong melompong kayak punya saya. Hehehe (jangan terseinggung ya, Cuma bercanda) Berikut adalah trik saya untuk print pada printer canon, tapi jangan khawatir kemungkinan besar gak beda jauh koq sama printer merk lain, tapi berbahagialah bagi yang printernya canon. Trik ini memiliki syarat kalau tinta warna harus ADA!! Ingat karna kita disini akan memodifikasi warna bukan menyulap catridge warna hitam yang semula habis menjadi full. LOL :D Nah sudah cukup basa basinya dengan saya berikut tutorialnya :  Buka document ya…

Tutorial Hydra Part II ( Bruteforce Login Website )

Relate Search : Hydra, Cracking, Hacking, Bypass, Facebook, Twitter, Login, Website, Security, Terminal.

Bruteforce Login Website adalah suatu teknik dimana kita akan melakukan penetrasi dengan cara masuk ke dalam suatu website yang memiliki proteksi login, dengan cara ilegal yaitu melakukan penebakan user dan password secara masal. teknik bruteforce tidak hanya bisa di gunakan di website, tapi juga bisa di lakukan di lingkungan lain seperti login apps, login windows, login email dll.
pada tutorial kali ini saya akan melanjutkan sesi dari tutorial hydra. dan sekarang sudah mencapai part II, dengan judul " bruteforcing login website" , pada tutorial hydra part I saya menggunakan mode GUI untuk melakukan cracking, tapi untuk sekarang saya akan menggunakan versi Consolenya. teknik ini memanfaatkan Bug method GET yang di miliki website, pada praktiknya nanti saya akan menggunakan website yang saya buat sendiri, jadi dan menggunakan localhost sebagai servernya. tutorial ini bisa…

Laravel Library : Melihat Error Log Laravel Menggunakan Library Laravel Log Viewer

# Problem 

Error di laravel sering terjadi pada saat proses developing berjalan, pada saat terjadi error laravel memiliki notif atau pemberitahuan error secara gui, jadi developer bisa mengerti lebih jelas untuk membenarkan error yang terjadi. 
permasalahan yang seringkali terjadi pada pembuatan aplikasi berbasis laravel adalah saat website udah di upload ke server production dengan setting environment debug=false, maka saat terjadi error di suatu aksi tidak akan di munculkan errornya secara gui, apalagi yang mendapati error adalah user, jadi developer tidak akan tau ada error apabila user tidak melakukan laporan. nah untuk menyelesaikan masalah itu, kita dapat menggunakan error log viewer yang di buat oleh   , library ini berfungsi untuk mendata atau melist semua error yang terjadi saat aplikasi kita pada lingkungan production, jadi developer bisa memantau apabila terdapat error saat user menggunakan website kita. 
penampakannya seperti ini  : 

keren bukan? :D
some time yo…