Selasa, 23 April 2019

Apa itu DevOps? #DEVOPS



hallo semuanya, kali ini saya mau sharing sesuatu tentang devops yaitu devinisi tentang devops, Apa itu devops? devops adalah salah satu profesi IT yang melingkupi tentang development and operation, maksutnya apa? pada development kita membutuhkan lingkungan development dan deployment yang related dan sesuai sehingga saat proses development dan proses deployment aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan lancar, garis besarnya adalah devops berperan sebagai jembatan untuk developer untuk mengatur atau menyediakan lingkungan development dan deployment dengan baik dan sesuai.

Kalau menurut saya DevOps lebih kepada mindset seseorang. DevOps sendiri gabungan dari Development dan Operation yang merupakan kolaborasi dari kedua tim.
Mindset itu mesti dipahami oleh setiap individu dalam tim, bahwa proses development dan delivery sebuah produk (umumnya berupa software) harus dapat dilakukan dengan cepat.
Tujuannya adalah supaya dapat merespon perubahan (responding to a change) demi perubahan yang terjadi dalam proses development maupun perubahan atas permintaan pasar. - Samsul Ma'arif - DevOps DOT Indonesia
 

contoh arsitektur sederhada adalah sebagai berikut.

source : wp.com

gambar di atas adalah contoh arsitektur sederhana yang biasa kita temukan, contoh arsitektur yang rumit seperti berikut. 

source : indosystem.com

bagaimana? rumit nggk? itulah dimana devops di butuhkan arsitektur serumit ini sangat tidak di sarankan untuk di kerjakan oleh developer saja. sangat membuang2 waktu dan bisa menjadi beban yang berat bagi developer untuk mengerjakannya.

contohnya, tokopedia, bukalapak, gojek dll. mereka adalah aplikasi yang sangat kompleks dan besar, tidak mungkin aplikasi sekelas perusahaan tadi hanya memiliki arsitektur seperti gambar pertama, karna banyak sekali aspek yang di perhatikan oleh perusahaan digital untuk mengoptimalkan layanannya agar dapat diberikan kepada pengguna dengan aman dan nyaman.

devops cenderung menekuni dunia linux, hal ini dikarenakan server dan support automation pada server lebih banyak untuk lingkungan linux. seperti jenkins, jira, dll.



0 komentar:

Posting Komentar

Search