Mengenal Laravel Framework | Review

Mengenal Laravel Framework | Review



Laravel adalah salah satu web framework yang saat ini sering di bicarakan, apa sih laravel? apa keuntungannya memakai framework ini?.
hmm. saya pribadi merasakan laravel sangat powerful untuk developing website apalagi untuk skala besar, laravel sangat scallable untuk pengembangan secara lanjut, dengan dukungan lingkungan yang cocok. 

Yes, laravel is powerful enough

framework ini menyediakan banyak fitur dan keunggulan yang sangat cocok dengan web modern saat ini, sampai tulisan ini di buat laravel sudah mencapai versi 5.3, dengan banyak perubahaan seperti penambahan asset untuk vuejs dan perubahan struktur folder route yang lebih rapi.

Laravel sendiri telah banyak memiliki kemajuan dan banyak developer yang merasakan nyamannya menggunakan framework ini, sampai saat ini pengguna laravel semakin banyak di seluruh dunia. saya kutip statistik website pengguna laravel dari link ini hasilnya sangat bagus skali peningkatan pengguna laravel semakin banyak tiap bulannya.


Most usage, and increase every months

beberapa hal yang saya suka dari penggunaan laravel adalah

1. Mudah di Install


banyak cara untuk menginstall laravel, mulai dari download source langsung, install memakai laravel, sampai dari laravel instant builder. saya sarankan bagi pemula memulai dengan menginstall menggunakan composer, karna akan sering skali developer laravel menggunakan composer, salah satunya adalah saat pemasangan.


2. Dukungan Paket Library yang banyak



laravel framework saat ini telah memiliki banyak komunitas sehingga banyak juga developer yang membuat library yang mendukung di pakai di laravel. hanya dengan menggunakan composer anda sudah bisa menginstall banyak library laravel yang sudah di sediakan untuk membuat aplikasi yang luar biasa.


3. Praktis menggunakan Artisan CLI



laravel memiliki built ini manager yaitu artisan, file ini akan melakukan eksekusi pembuatan model, migrations, controller, database seeding dll. adanya cli manager ini semakin memudahkan developer untuk mengembangkan aplikasi yang di buatnya, dan semakin universal kode yang di gunakan karna telah di tentukan oleh command artisan sendiri.

Mengenal Ketangguhan Laravel PHP Artisan | Learn and Practice

4. Menggunakan Template Engine Blade




blade merupakan template engine yang di buat oleh laravel untuk memudahkan developer dalam management dan penulisan sintax data di sisi VIEW aplikasi.

Mempercantik Struktur VIEW Menggunakan Laravel Blade | Learn and Practice

5. Support Container




laravel memiliki container sendiri namanya adalah laravel homestead, container ini di khususkan untuk laravel dan telah di dukung banyak software developing yang siap untuk di gunakan dalam scalability apps.


6. Menggunakan Eloquent ORM




eloquent orm adalah salah satu management database yang di buat oleh laravel. sebenernya laravel sudah memiliki management data lain yaitu db facade, tapi eloquent membuat struktur database kita lebih rapi dan memudahkan developer membaca sintaxnya walaupun aplikasi berskala enterprise.

Keunggulan dan Kekurangan Laravel Eloquent

7. Dukungan komunitas yang besar




hal ini adalah salah satu alasan kenapa memilih laravel. sejak boomingnya laravel di tahun 2015, dukungan komunitas nya semakin besar dan banyak sekali komunitas pencinta laravel yang siap membantu anda apabila ada masalah, saya sendiri setiap kali ada error dalam pembuatan web menggunakan laravel pasti ada jawabannya di laracast atau stackoverflow. indonesia telah memiliki komunitas laravel yang besar dan aktif, namanya adalah id laravel. berikut forum dan website aktifnya.

7 Situs Idaman Developer Seluruh Dunia

sebenernya banyak hal keunggulan laravel dari pada framework lain yang belom saya tulis, tapi lebih baik pembaca mulai saja mencoba framework ini mulai dari cara menginstall sampai coding nya. happy Coding guys. ^_^



Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home