Skip to main content

Mengenal Laravel Framework | Review



Laravel adalah salah satu web framework yang saat ini sering di bicarakan, apa sih laravel? apa keuntungannya memakai framework ini?.
hmm. saya pribadi merasakan laravel sangat powerful untuk developing website apalagi untuk skala besar, laravel sangat scallable untuk pengembangan secara lanjut, dengan dukungan lingkungan yang cocok. 

Yes, laravel is powerful enough

framework ini menyediakan banyak fitur dan keunggulan yang sangat cocok dengan web modern saat ini, sampai tulisan ini di buat laravel sudah mencapai versi 5.3, dengan banyak perubahaan seperti penambahan asset untuk vuejs dan perubahan struktur folder route yang lebih rapi.

Laravel sendiri telah banyak memiliki kemajuan dan banyak developer yang merasakan nyamannya menggunakan framework ini, sampai saat ini pengguna laravel semakin banyak di seluruh dunia. saya kutip statistik website pengguna laravel dari link ini hasilnya sangat bagus skali peningkatan pengguna laravel semakin banyak tiap bulannya.


Most usage, and increase every months

beberapa hal yang saya suka dari penggunaan laravel adalah

1. Mudah di Install


banyak cara untuk menginstall laravel, mulai dari download source langsung, install memakai laravel, sampai dari laravel instant builder. saya sarankan bagi pemula memulai dengan menginstall menggunakan composer, karna akan sering skali developer laravel menggunakan composer, salah satunya adalah saat pemasangan.


2. Dukungan Paket Library yang banyak



laravel framework saat ini telah memiliki banyak komunitas sehingga banyak juga developer yang membuat library yang mendukung di pakai di laravel. hanya dengan menggunakan composer anda sudah bisa menginstall banyak library laravel yang sudah di sediakan untuk membuat aplikasi yang luar biasa.


3. Praktis menggunakan Artisan CLI



laravel memiliki built ini manager yaitu artisan, file ini akan melakukan eksekusi pembuatan model, migrations, controller, database seeding dll. adanya cli manager ini semakin memudahkan developer untuk mengembangkan aplikasi yang di buatnya, dan semakin universal kode yang di gunakan karna telah di tentukan oleh command artisan sendiri.

Mengenal Ketangguhan Laravel PHP Artisan | Learn and Practice

4. Menggunakan Template Engine Blade




blade merupakan template engine yang di buat oleh laravel untuk memudahkan developer dalam management dan penulisan sintax data di sisi VIEW aplikasi.

Mempercantik Struktur VIEW Menggunakan Laravel Blade | Learn and Practice

5. Support Container




laravel memiliki container sendiri namanya adalah laravel homestead, container ini di khususkan untuk laravel dan telah di dukung banyak software developing yang siap untuk di gunakan dalam scalability apps.


6. Menggunakan Eloquent ORM




eloquent orm adalah salah satu management database yang di buat oleh laravel. sebenernya laravel sudah memiliki management data lain yaitu db facade, tapi eloquent membuat struktur database kita lebih rapi dan memudahkan developer membaca sintaxnya walaupun aplikasi berskala enterprise.

Keunggulan dan Kekurangan Laravel Eloquent

7. Dukungan komunitas yang besar




hal ini adalah salah satu alasan kenapa memilih laravel. sejak boomingnya laravel di tahun 2015, dukungan komunitas nya semakin besar dan banyak sekali komunitas pencinta laravel yang siap membantu anda apabila ada masalah, saya sendiri setiap kali ada error dalam pembuatan web menggunakan laravel pasti ada jawabannya di laracast atau stackoverflow. indonesia telah memiliki komunitas laravel yang besar dan aktif, namanya adalah id laravel. berikut forum dan website aktifnya.

7 Situs Idaman Developer Seluruh Dunia

sebenernya banyak hal keunggulan laravel dari pada framework lain yang belom saya tulis, tapi lebih baik pembaca mulai saja mencoba framework ini mulai dari cara menginstall sampai coding nya. happy Coding guys. ^_^



Popular posts from this blog

MENGATASI PRINTER KEHABISAN TINTA HITAM

Hai semua…. Saya kembali lagi untuk memberi tips dan trik computer untuk kalian. Pernahkah kalian kehabisan tinta?.Apalagi tinta hitam yang sring di gunakan buat print tugas!. Yah gitulah kalau dompet kempes tapi mau print tugas yang di kumpulin besok, wah mau print di warnet tapi gak punya duit, apalagi beli tinta waaaahhh. Tambah pusing..!!! Tapi jangan khawatir disini saya akan mengulas masalah tersebut dan memberi kalian jalan keluar untuk kalian yang dompetnya lagi kosong melompong kayak punya saya. Hehehe (jangan terseinggung ya, Cuma bercanda) Berikut adalah trik saya untuk print pada printer canon, tapi jangan khawatir kemungkinan besar gak beda jauh koq sama printer merk lain, tapi berbahagialah bagi yang printernya canon. Trik ini memiliki syarat kalau tinta warna harus ADA!! Ingat karna kita disini akan memodifikasi warna bukan menyulap catridge warna hitam yang semula habis menjadi full. LOL :D Nah sudah cukup basa basinya dengan saya berikut tutorialnya :  Buka document ya…

Playing with Hooks in Gorm #GolangDev

Hello everyone, I would like to share some tricks in gorm, the Idea of this tricks is to execute a command or code statement in the middle of an ORM operation, if you ever know about trigger in the query language, then hooks is just kinda like that. Hooks could execute statement in some events such as: beforeCreate, beforeUpdate, afterCreate,  and afterUpdate. those event is similar as a trigger,  when the trigger is executed in DBMS layer, hooks are executed in the application layer.
In my real case, my current company has different convention of naming database column, so when I try to implement ORM, a lot of columns such as created_at, updated_at and deleted_at can't be generated automatically. also if you have a custom UUID you could pass the value UUID generator into hooks before the insert is executed. for more detail let's jump into code :


# ExplanationAbove code containing model struct, and several methods from gorm to serve model, TableName method used to define table n…

Tutorial Hydra Part II ( Bruteforce Login Website )

Relate Search : Hydra, Cracking, Hacking, Bypass, Facebook, Twitter, Login, Website, Security, Terminal.

Bruteforce Login Website adalah suatu teknik dimana kita akan melakukan penetrasi dengan cara masuk ke dalam suatu website yang memiliki proteksi login, dengan cara ilegal yaitu melakukan penebakan user dan password secara masal. teknik bruteforce tidak hanya bisa di gunakan di website, tapi juga bisa di lakukan di lingkungan lain seperti login apps, login windows, login email dll.
pada tutorial kali ini saya akan melanjutkan sesi dari tutorial hydra. dan sekarang sudah mencapai part II, dengan judul " bruteforcing login website" , pada tutorial hydra part I saya menggunakan mode GUI untuk melakukan cracking, tapi untuk sekarang saya akan menggunakan versi Consolenya. teknik ini memanfaatkan Bug method GET yang di miliki website, pada praktiknya nanti saya akan menggunakan website yang saya buat sendiri, jadi dan menggunakan localhost sebagai servernya. tutorial ini bisa…