Skip to main content

Tutorial Dasar VBScript di Website

Assalamualaikum Wr Wb, pada tutorial kali ini saya akan memberikan materi tentang VBscript di website, lho kq bisa? Bingung ya tentu bisa, vb script tidak hanya bisa di gunakan di desktop, tapi di website juga bisa, vbscript ini, adalah bahasa pokoq dari pemrograman ASP(Active Server Page). bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang berjalan di sisi server, otomatis tidak bisa di lihat di browser. bahasa pemrograman ini berjalan di server windows atau IIS.

berikut tutorialnya : Awkward

1. "Assalamualaikum akhi aw ukhti" :

<html>
<head><title>Hello world</title></head>
<body>
<% response.write("Assalamualaikum Akhi aw Ukhti"); %>
</body>
</html>


note : kode di atas akan menampilkan kata "Assalamualaikum akhi aw ukhti" di halaman website; mudahkan ? oke lanjut.Ebay

2. variable :
seperti bahasa pemrograman lain, di dalam vbscript juga ada variable, variable adalah suatu kode yang berupa kata, yang di gunakan untuk menampung suatu nilai. cara gampangnya seperti sebuah mangkuk yang berisi mie ayam, (mangkuk adalah variable, mie ayam adalah nilainya). untuk mendeklarasikan sebuah variable di dalam vbscript kita perlu mendahuluinya dengan kode "dim", "public" atau "private".

contoh : 'x' adalah sebuah variable, 'aku' adalah variable, 'rumah' adalah variable.

dim x
dim aku

x=10
aku="bill tanthowi jauhari"


note: variable di atas bisa di isi dengan semua jenis tipe data, seperti string , integer ataupun double.

3. prosedure :
prosedure adalah sebuah kode untuk menampung sekumpulan kode, nah lho bingung kan?.018 maksutnya adalah, dalam membuat kode apalagi dalam skala besar, mengulang sebuah kode adalah hal yang sangat sering di lakukan, nah dengan adanya prosedur kita bisa meminimalisir penulisan kode yang sama dengan hanya menuliskannya sekali saja. dan waktu kita membutuhkan kode tersebut kita hanya membutuhkan untuk memanggil nama prosedurnya. prosedure dalam vbscript di awali dengan Sub dan di akhiri dengan End Sub. 033

contoh :
//struktur prosedure//
Sub prosedure()
statement
End Sub


//contoh prosedure tanpa memberikan argument//
Sub namaku()
response.write("bill");
End Sub


//contoh prosedure dengan memberikan argument//
Sub namaku(variable)
response.write(variable)
End Sub


//cara memanggilnya//
call namaku("bill")

4. function:
function memiliki definisi sama seperti prosedure, hanya saja memiliki fitur yang lebih , yaitu dapat mengembalikan nilai ( return ), deklarasi function di awali dengan "Function" di akhiri "End Function" untuk mengembalikan nilainya, cukup dengan mendeklarasikan nama functionnya di dalam function tadi, dengan memasukkan nilai , layaknya menggunakan sebuah variable.

contoh :

//function tanpa argument//
function namaku()
namaku="bill"
end function


//function dengan argument//
function namaku(variable)
namaku=variable
end function


note : perbedaan function dengan prosedure terletak di pengembalian nilai, yaitu kalau di function terdapat pengulangan nama function di dalam petak statement function, yang di ikuti dengan memasukkan nilai kedalam nama function tersebut.

5. array :
array adalah salah satu kode bahasa pemrogaman yang memberikan kemudahan user untuk melakukan indexing pada sebuah variable. maksutnya indexing ini adalah, programer dapat mendeklarasi sebuah variable yang sama tetapi memiliki index yang berbeda.
contoh :

dim x(2)
x(0) = 5
x(1) = 6
x(2) = 7


note : pada variable x terdapat kurung yang mengapit sebuah nilai angka 2, maksutnya di sini adalah, variable x memiliki jumlah index 3, kenapa 3? 018 karna dalam mendeklarasi array, default nilai awal adalah angka 0. jadi untuk menghitung jumlah index harus dari angka 0.

dim x(3,2)
x ( 1, 1) = 3
x ( 1, 2) = 4
x ( 2, 1) = 5
x ( 2, 2) = 6
x ( 3, 1) = 7
x ( 3, 2) = 8


note: array bisa dapat membuat dimensi sampai 60, hal ini dapat di lakukan dengan hanya membatasi jumlah atau index array dengan tanda koma(,).

6. for loop :
for loop adalah salah satu kode perulangan yang ada di setiap bahasa pemrograman termasuk vbscript, fungsi dari for loop adalah mengulah setiap statement yang ada di dalam block for loop. perulangan bisa di lakukan dengan konstan sesuai apa yang kita inginkan , berapa pun jumlah perulangannya.

contoh :

for i=0 to 4
response.write("hello world </br>")
next


note : kode di atas akan mencetak hello world sebanyak 5 kali.

for i=0 to 2
response.write("hello awal")
for k=0 to 2
response.write("hello kedua")
next
next


note : perulangan di atas akan mencetak "hello awal" sebanyak 3 kali, dan "hello kedua" sebanyak 3x3=9 kali, lho kenpa sampe banyak? 018 iya, karna for yang memiliki variable "K" posisinya terdapat di dalam perulangan, hal ini di sebut dengan nested loop .

7. if then else :
kode berikut adalah kode percabangan, gunanya adalah untuk mengindikasi suatu keadaan, apakah keadaan itu bernilai benar atau bernilai salah. contoh , apabila ada penjumlahan 1+1=3, hasil penjumlahan tersebut akan di masukkan keadalam percabangan, dan akan di indikasi apakah benar atau salah.
contoh :

//percabangan satu baris//
if(1+1=2) then response.write("benar")

//percabangan dengan statement lebih dari satu//
if (1+1=2) then
response.write("hasilnya : <br>")
response.write("benar")
end if

//percabangan if else //
if (1+1=2) then
response.write("hasilnya : <br>")
response.write("benar")
else
response.write("salah")
end if


//percabangan if else if//
dim hasil = 1+1

if (hasil<3) then
response.write("hasilnya : <br>")
response.write("benar")
elseif(hasil>3)
response.write("salah")
else
response.write("salahinput")
end if


BemusedBemused033
Alhamdulillah,WelcomeWelcome kita sudah mencapai akhir dari tutorial ini, kesimpulannya adalah, VBScript adalah bahasa pokoq dari ASP, VBScript hanya bisa di eksekusi di server windows. kode pokoq dalam pemrograman vbscript adalah variable, percabangan, perulangan, prosedur, fungsi . sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr Wb ThumbsUpThumbsUp

Swimming    





NOTE : 3xpl01t memberikan tawaran bagi pembaca yang ingin order membuat website, bisa order ke kami , untuk tata caranya bisa masuk ke link berikut. 

Mau pasang iklan di blog?. klik Disini

Sekian artikel saya, Semoga Bermanfaat. Wassalamualaikum Wr Wb

Stay fools to Stay Hungry
NB : Artikel ini di peruntukkan untuk pendidikan semata. hal-hal negatif yang di lakukan oleh pengguna tutorial , bukan tanggung jawab penulis.

Popular posts from this blog

The Advantage of Using HTTP Default Authorization Scheme #DigitalSecurity

pixabay.com Hello Everyone, This day I would like to introduce you to the default header for authorization in HTTP. HTTP auth scheme is a guide or standardization scheme for the authorization header in the HTTP protocol. this standard is using key Authorization in the header and followed by a value that usually filled by key or token. for example : Authorization : <type> <key/token> this standard is the solution of the key header for authorization that really random was provided by developers to build an authorization header for their application, in my experience, developers used to "token" for their key in the header that usually followed by the hash value. the random key makes developers using more time for writing code for getting header key and validating the value which is you could use the library and focus on writing the logic of your application. Depend on Mozilla site , HTTP auth scheme divided by 4 types, such as : Basic  (see  RF

Laravel Tips : Membuat Model, Migration dan Controller dengan Sekali Jalan

  php artisan adalah generator laravel yang berfungsi untuk membuat file kodingan dengan mudah, seperti membuat controller, model, seeder, migration dan masih banyak lagi. artisan hanya bisa di lakukan di dalam lingkungan console, seperti cmd dan terminal. berikut akan saya tunjukan cara membuat controller, model, migration menggunakan php artisan. # membuat controller ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:controller BlogController # membuat model ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model Blog # membuat migration ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:migration blog # membuat seeder ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:seeder BlogSeeder # membuat migration, controller, dan model sekaligus ketikkan perintah di bawah ini php artisan make:model -crm Blog perintah di atas akan mengenerate controller dengan nama BlogController dengan keadaan Resource method tertulis, model

Typer shark Deluxe free full crack

Typer shark Deluxe : software yang akan membantu kita untuk belajar mengetik keyboard dengan cara 10jari, untuk agan2 yang baru belajar komputer pasti teknik pertama yang dilakukan adalah dengan 11jari (kanan 1 + kiri 1 = 11)hahahaha, softaware ini sangat menarik, karna kita belajar 10jari dengan bermain game.. n gamenya interaktif,,, pkoqnya yang tadinya mengetik 11jari, dalam waktu seminggu pasti bisa lancar 10jari... syaratnya harus tekunn...  kalo agan mau ngunduh silahkan : Download screenshot: