Kamis, 15 September 2016

Install, Update dan Remove Paket Library PHP Menggunakan Composer | Learn and Practice



composer adalah package manager khusus php yang berguna untuk segala manajemen paket atau library seperti : install, update, remove, dll.

composer juga bisa dibuat untuk menginstall framework seperti codeigniter, laravel, slim dll.




package manager di setiap bahasa pemrograman berbeda beda, kalo temen2 pernah make java, package managernya adalah maven, dan banyak package manager lain :

  • python :  pip
  • ruby : gem
  • javascipt :  npm dan bower
  • java : maven
 dll

cara install composer bisa di lihat di website resminya,

Note : mengingat cara install composer berbeda beda tiap versinya maka tidak saya buatkan tutor installnya.

saya asumsikan kalian sudah install composer, so lets moving on.

buka terminal (linux/macos) atau cmd (windows) . ketikkan command berikut untuk melihat perintah2 apa saja yang ada di dalam composer.

composer --help

 hasilnya akan seperti berikut


udah tau kan perintah-perintahnya composer apa aja? banyak kan hehe. but dont worry, dalam tutorial kali ini saya nggk akan menjelaskan semuanya karna udah ada di dokumentasi composer sendiri.

oke. lanjut ke langkah install package menggunakan composer . 

Note : langkah instalasi ini saya lakukan di framework laravel dan paket yang saya install adalah php-goose untuk scrapping data



ketikkan perintah berikut di terminal

  1. Install Paket dari composer.json

    edit atau buat composer.json dengan menyertakan nama paket yang akan di install pada key : require-dev
    contoh :


    setelah itu ketikkan command berikut :
     
    composer install

    hasilnya akan seperti berikut :



    cukup mudah bukan? ada yang lebih mudah lagi lho, lanjut ke langkah selanjutnya. ^_^
  2. Install Paket Langsung dari Comand Line

    buka terminal/cmd kalian, ketikkan command berikut :
    composer require scotteh/php-goose --dev
    perintah di atas akan mendownload dan memasang paket ke folder vendor, sekaligus mengupdate file composer.json.
    hasilnya akan seperti berikut :

  3.  Update Paket

    ketikkan command berikut :
    composer update
    perintah ini akan melakukan update di semua paket yang ada di dalam composer.json
    hasilnya seperti ini

  4. Remove Paketketikkan command berikut :

    composer remove scotteh/php-goose
     perintah ini akan menghilangkan paket php-goose yang kita install sebelumnya.

    hasilnya akan seprerti berikut :


    oke. langkah-langkah pokoknya udah selesai, silahkan pelajari lagi dan lakukan langkahnya dengan benar, hasil yang di atas tidak akan sama persis dengan punya kalian, karna beberapa perubahan yang udah saya lakukan di lingkungan development saya. so ? pokoknya nggk ada error merah di command line anda, maka anda melakukannya dengan benar. hehe

    keep code guys ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Search